Image

Kelebihan Belajar di Luar Negeri Sebagai Mahasiswa Baru

Blog / 21 October 2021

Pengalaman belajar di luar negeri paling sering diambil selama tahun pertama atau senior universitas. Namun, ada program yang dirancang khusus untuk mahasiswa tahun pertama yang tertarik untuk memulai karir universitas mereka di luar negeri. Sikap dan tekad yang berani merupakan prasyarat untuk belajar di luar negeri sebagai mahasiswa baru. Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin Anda alami saat bepergian dan belajar di luar negeri sebagai mahasiswa tahun pertama, serta cara-cara yang berguna untuk memaksimalkan pengalaman Anda di luar negeri.


Anda Mendapatkan Kemandirian, Kebebasan, dan Otonomi Belajar di Luar Negeri Tahun Pertama Anda

Tinggal di asrama atau bersama orang tua tidak benar-benar meningkatkan kedewasaan seperti menemukan diri Anda di jalan yang tidak dikenal di luar negeri, menavigasi dalam bahasa baru, dan berhasil membenamkan diri dengan budaya baru. Selama tahun pertama yang Anda habiskan di kampus, Anda dengan cepat menemukan bahwa tanpa mobil dan tinggal di kamar asrama kecil bukanlah segalanya. Percayalah, Anda tidak akan kehilangan banyak hal dengan memilih untuk menghabiskan setengah atau seluruh tahun pertama Anda di luar negeri. Sebaliknya, Anda cenderung memiliki pengalaman yang lebih berkesan daripada jika Anda menginap. Tinggal sendirian di luar negeri mungkin tampak menakutkan, terutama jika Anda baru pertama kali ke luar negeri, tetapi perjalanan ini pada akhirnya akan membantu Anda belajar berjuang sendiri. Kebutuhan akan membuat Anda dewasa lebih cepat dan Anda akan kembali dengan perasaan diri yang baru.


Anda Merasakan Kewarganegaraan Global Anda

Menghabiskan satu semester di luar negeri sebagai mahasiswa baru akan meningkatkan kompetensi budaya Anda, membangun karakter Anda, dan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar Anda.


Anda Dapat Mempelajari Bahasa Baru atau Bekerja Menuju Kefasihan

Tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa daripada dipaksa untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari selain belajar di luar negeri saat Anda masih mahasiswa. Anda dapat belajar kelas bahasa selama satu tahun dalam satu atau dua bulan jika Anda bekerja keras dan berkomitmen untuk belajar saat Anda berada di luar negeri. Menjadi lebih mahir dalam bahasa negara tempat Anda belajar juga membantu Anda menjalin ikatan dengan rekan-rekan Anda dan memahami nuansa budaya mereka. Jika belajar atau menguasai bahasa baru adalah prioritas Anda, belajar di luar negeri sebagai mahasiswa baru adalah cara yang bagus untuk maju ke arah tujuan ini.


Anda Akan Mendapatkan Teman Baru di Luar Negeri

Di mana pun Anda belajar, menjalin hubungan dengan rekan-rekan Anda akan bermanfaat bagi Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini terutama benar jika Anda belajar di luar negeri dengan sesama mahasiswa tahun pertama dari seluruh dunia, karena Anda akan mendapatkan pengalaman unik ini bersama! Saat Anda menyelesaikan studi Anda dan pergi, Anda dapat tetap rutin berkomunikasi dengan teman-teman yang Anda kenal, termasuk penduduk setempat. Mereka tinggal di seluruh dunia: Polandia, Jerman, Cina, Taiwan, Inggris, Skotlandia, Australia… Daftarnya terus berlanjut. Anda juga berkesempatan mengunjungi beberapa negara di antaranya. Jika ada satu nasihat yang bisa Anda ambil dari daftar ini, yaitu Anda harus tetap dekat dengan teman-teman internasional Anda. Jangan biarkan hubungan itu memudar saat Anda pergi! Mengirim pesan, menulis surat, berbicara melalui Skype, apapun yang diperlukan untuk mempertahankan teman global Anda.


Anda Menjadi Ahli dalam Beradaptasi dengan Budaya & Gaya Hidup Baru -- Jauh Lebih Maju dari Teman Sekelas Anda

Ketika Anda kembali ke rumah dari belajar di luar negeri sebagai mahasiswa baru, Anda akan memiliki keterampilan hidup utama yang dikuasai. Menjadi mudah beradaptasi akan membantu Anda dengan baik selama sisa kuliah dan sepanjang hidup dan karier Anda. Cara terbaik untuk mempelajari kemampuan beradaptasi adalah melalui pendalaman, dan belajar di luar negeri adalah salah satu pendalaman budaya terbaik yang dapat Anda alami sebagai mahasiswa. Benamkan diri Anda dalam masakan daerah. Cobalah semuanya dan makan dengan penuh perhatian. Rangkullah lingkungan: mendaki, bersepeda, memanjat, berkayak, berenang, bermain ski, atau sekadar berada di luar. Lihat pemandangan: kunjungi museum, landmark, taman, dan hadiri festival lokal. Gunakan waktu ini untuk mendapatkan perspektif tentang budaya Anda sendiri dan juga budaya orang lain. Pulanglah dengan cerita, dan jangan takut untuk menjadi turis dan mengambil banyak foto. Anda akan senang melakukannya.


Jika ini telah menginspirasi Anda untuk belajar di luar negeri sebagai mahasiswa tahun pertama, mulailah penelitian Anda hari ini. Program pathway seperti yang ditawarkan Business Institute Indonesia memberi siswa sumber daya dan pengalaman untuk berhasil belajar di luar negeri, dan menawarkan program yang dirancang langsung untuk siswa yang ingin "memulai kuliah secara berbeda". BII sebagai international campus Jakarta menawarkan solusi belajar di luar negeri yang terjangkau melalui program pathway.

Dalam program pathway yang ditawarkan oleh BII, terdapat 3 pilihan jalur pendidikan yang bisa dipilih.
Image

Kuliah Terjangkau Singapura

BII bekerja sama dengan KAPLAN Singapore. Mahasiswa yang diterima dalam program ini akan belajar selama 8 bulan pertama di Jakarta, dan 16 - 24 bulan terakhir di Singapura melalui Universitas Top dari Australia, UK & jg Ireland. Mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar Sarjana dari Universitas Top Australia, UK / Ireland di Singapura.
Image

Kuliah Terjangkau New York, Amerika

BII bekerja sama dengan Pace University, New York. Kami menawarkan gelar sarjana bisnis 2 + 2 dari Pace University. Mahasiswa yang diterima dalam program ini akan belajar selama 2 tahun pertama di Jakarta, dan 2 tahun terakhir di New York, Amerika. Mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar Sarjana dari Pace University.
Image

Kuliah Terjangkau San Fransico, Amerika

BII bekerja sama dengan San Mateo Colleges of Silicon Valley. Kami menawarkan gelar sarjana bisnis dari universitas yang menjadi partner dari San Mateo Colleges of Silicon Valley. Mahasiswa yang diterima dalam program ini akan belajar selama 1 tahun pertama di Jakarta, dan 1 tahun di San Francisco, lalu lanjut 2 Tahun terakhir di Pilihan Universitas nya di Amerika.
Itulah program belajar ke luar negeri yang dapat di mulai pada tahun pertama nya di BII. Bagi Anda yang tertarik untuk berkuliah ke luar negeri, bisa memulai untuk tahun pertama nya di Jakarta, lalu lanjut ke Singapura atau Amerika. BII (Business Institute Indonesia) adalah Institusi yang didirikan pada tahun 2019 dengan tujuan memudahkan siswa/i di Indonesia dengan standard Internasional untuk memajukan pendidikan tersier mereka dan mengikuti standar tertinggi.

Our Blogs

Business Institute Indonesia

Hotline : 0888-0811-0811
Counselor : 0813-8899-2020 / 0813-8899-2101
Email : info@bii.or.id

Our Campus

Jakarta Senayan Campus
Komplek Rukan Permata Senayan
Blok D 22-26, Lt.1-3
Jl. Tentara Pelajar
Jakarta Selatan 12210
Tel  (021) 2525-811

Jakarta Main Campus
Opening Soon

Surabaya Campus
Opening Soon

Newsletter Subscription