Image

Bagaimana Beradaptasi Saat Belajar di Luar Negeri?

Blog / 10 March 2022

Belajar di luar negeri adalah pengalaman yang sangat berharga. Anda akan mengalami budaya yang sama sekali baru, mendapatkan pendidikan yang bagus, dan tumbuh sebagai pribadi. Tapi, tentu saja, itu juga bisa menantang. Ini mungkin pertama kalinya Anda tinggal jauh dari rumah sehingga mungkin perlu sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dan Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara beradaptasi saat belajar di luar negeri. Jadi, bagaimana Anda bisa membuatnya lebih mudah? Berikut beberapa saran tentang cara beradaptasi saat belajar di luar negeri.


Menghadapi culture shock

Salah satu contoh umum dari kesulitan yang dialami siswa internasional adalah ‘culture shock’. Di mana pun Anda pergi untuk belajar di luar negeri, Anda hampir selalu mengalami culture shock sampai tingkat tertentu. Wajar jika Anda merasa tidak pada tempatnya di lingkungan yang sama sekali baru! Untungnya, ada banyak cara untuk mengatasi culture shock. Misalnya, berbicara dengan siswa internasional lain atau bahkan siswa lokal, akan sering membantu. Banyak dari mereka mungkin memiliki perasaan dan kegugupan yang sama seperti Anda, dan menyenangkan mengetahui bahwa Anda tidak sendirian. Culture shock akan selalu berlalu paling cepat jika Anda berusaha membenamkan diri ke dalam budaya tuan rumah Anda. Anda bisa pergi menjelajah, bertemu orang lokal, mencoba makanan baru, belajar tentang sejarah negara tersebut, dan pergi ke acara budaya untuk membantu Anda menyesuaikan diri.


Mengatasi homesickness

Homesickness adalah reaksi umum dan normal lainnya saat tinggal di luar negeri. Orang mengalami homesickness dengan cara yang berbeda, tetapi satu masalah yang hampir universal adalah merindukan makanan dari rumah. Untungnya, banyak negara yang merupakan negara multikultural, sehingga Anda dapat menemukan makanan dari hampir setiap budaya. Berbicara dengan penutur asli setiap hari juga sangat membantu ketika mencoba meningkatkan kemampuan bahasa Anda, dan semakin banyak Anda belajar, Anda akan semakin percaya diri dan nyaman. Jangan khawatir tentang membuat kesalahan — orang biasanya sangat ramah dan pengertian!


Menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar negeri

Tentu saja, ketika berpikir tentang bagaimana beradaptasi saat belajar di luar negeri, Anda juga harus mempertimbangkan banyak hal praktis. Anda harus mendaftar ke dokter, membuat rekening bank, dan memastikan Anda memiliki akomodasi. Pastikan Anda juga siap untuk bekerja keras, berkomitmen, dan terorganisir untuk mendapatkan gelar. Anda harus bertanggung jawab untuk belajar mandiri dan mengembangkan pengetahuan akademis Anda, dan semakin Anda fokus pada studi Anda, semakin Anda akan mengingat tujuan akhir Anda dan alasan mengapa Anda memutuskan untuk belajar di luar negeri.


Itulah beberapa saran tentang cara beradaptasi saat belajar di luar negeri. Seperti semua hal dalam hidup yang layak dilakukan, belajar di luar negeri tidak akan selalu mudah. Tetapi, selama Anda berusaha untuk memanfaatkan pengalaman Anda sebaik-baiknya, perasaan culture shock dan homesickness akan segera berlalu, dan Anda akan segera jatuh cinta dengan negara tersebut. Belajar di luar negeri adalah hal yang luar biasa untuk dilakukan, dan itu akan membantu Anda di jalan menuju masa depan yang cerah. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk belajar di luar negeri, maka Anda bisa mempercayakannya pada Business Institute Indonesia (BII). BII sebagai international campus Jakarta menawarkan solusi belajar bisnis di luar negeri yang terjangkau melalui program pathway.
Dalam program pathway yang ditawarkan oleh BII, terdapat 3 pilihan jalur pendidikan yang bisa dipilih.
Image

Kuliah Terjangkau Singapura

BII bekerja sama dengan KAPLAN Singapore. Mahasiswa yang diterima dalam program ini akan belajar selama 8 bulan pertama di Jakarta, dan 16 - 24 bulan terakhir di Singapura melalui Universitas Top dari Australia, UK & jg Ireland. Mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar Sarjana dari Universitas Top Australia, UK / Ireland di Singapura.
Image

Kuliah Terjangkau New York, Amerika

BII bekerja sama dengan Pace University, New York. Kami menawarkan gelar sarjana bisnis 2 + 2 dari Pace University. Mahasiswa yang diterima dalam program ini akan belajar selama 2 tahun pertama di Jakarta, dan 2 tahun terakhir di New York, Amerika. Mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan gelar Sarjana dari Pace University.
Itulah program belajar ke luar negeri yang dapat di mulai pada tahun pertama nya di BII. Bagi Anda yang tertarik untuk berkuliah ke luar negeri, bisa memulai untuk tahun pertama nya di Jakarta, lalu lanjut ke Singapura atau Amerika. BII (Business Institute Indonesia) adalah Institusi yang didirikan pada tahun 2019 dengan tujuan memudahkan siswa/i di Indonesia dengan standard Internasional untuk memajukan pendidikan tersier mereka dan mengikuti standar tertinggi.

Our Blogs

Business Institute Indonesia

Hotline : 0888-0811-0811
Counselor : 0813-8899-2020 / 0813-8899-2101
Email : info@bii.or.id

Our Campus

Jakarta Senayan Campus
Komplek Rukan Permata Senayan
Blok D 22-26, Lt.1-3
Jl. Tentara Pelajar
Jakarta Selatan 12210
Tel  (021) 2525-811

Jakarta Main Campus
Opening Soon

Surabaya Campus
Opening Soon

Newsletter Subscription